5 Cara Membuat Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji

Di zaman yang serba sosialita ini, tidak dipungkiri keberadaan kartu kredit sudah menjadi gaya hidup. Bahkan sebagian masyarakat menganggap kartu kredit begitu penting karena kegunaannya sebagai alat pembayaran yang simpel dan mudah. Oleh sebab itulah, banyak orang berbondong-bondong mengajukan permohonan untuk membuat kartu kredit di berbagai bank penerbit. Namun tahukah Anda, salah satu faktor yang diminta oleh bank adalah slip gaji pekerjaan Anda?

Slip gaji bisa dikatakan benda berharga milik para karyawan swasta maupun negeri yang dapat digunakan apa saja. Mulai dari kredit perumahan, kredit kendaraan bermotor, kredit tangpa agunan hingga pengajuan kartu kredit. Tetapi, tidak semua orang berprofesi sebagai karyawan bukan? Tentunya masih banyak mereka yang berprofesi lainnya dan tidak mendapatkan slip gaji karena di anggap tidak terlalu formal. Apakah termasuk Anda? Jika iya, bagaimana cara untuk membuat kartu kredit padahal tidak mempunyai slip gaji?

Jangan khawatir! Karena sebetulnya tanpa slip gaji, Anda masih tetap bisa mengajukan permohonan kartu kredit. Bank juga telah memberikan kemudahan untuk masyarakat luas supaya bisa memiliki kartu kredit , hanya saja ada syarat-syarat tertentu yang harus Anda penuhi untuk mengganti slip gaji tersebut. Berikut ini beberapa cara membuat kartu kredit tanpa slip gaji:

1. Punya Jaminan atau Deposito Lock
Apakah Anda mahasiswa, wiraswasta atau freelance yang ingin punya kartu kredit? Apabila Anda ingin membuat kartu tersebut tetapi tidak memiliki slip gaji, jangan risau. Karena Anda dapat menggantikannya dengan jaminan atau deposito. Deposito merupakan tabungan yang tidak dapat di ambil dalam jangka waktu tertentu. Biasanya, isi deposito jumlah agak besar dan tetap ada bunga yang diberikan kepada pemilik deposito.

Orang yang tidak memiliki slip gaji namun punya deposito, dapat menjaminkan deposito miliknya ketika ingin mengajukan permohonan kartu kredit. Walaupun tidak punya slip gaji, pemohon yang memiliki deposito juga turut dipertimbangkan oleh pihak bank. Apabila Anda sudah punya deposito, coba saja untuk datangi salah satu bank dan ajukan kartu kredit dengan bukti bahwa Anda memiliki jaminan deposito.

2. Punya Tabungan
Tidak punya kartu kredit namun punya rekening tabungan dengan jumlah saldo yang cukup besar? Kalau memang benar, coba saja manfaatkan kesempatan ini untuk membuat kartu kredit tanpa slip gaji. Usahakan untuk mengajukan kartu kredit di bank yang sama dengan rekening tabungan Anda sebab pihak bank akan mudah mengecek aliran keluar-masuk rekening tersebut. Biasanya, orang yang punya saldo besar dan aliran dana teratur, akan turut diperhitungkan oleh pihak bank.

Hal ini sama halnya dengan deposito. Tabungan Anda ini bisa menjadi jaminan yang menjanjikan apalagi jika Anda sudah menjadi nasabah bank tersebut. Jika cukup yakin, datangilah kantor cabang bank terdekat dan coba ajukan kartu kredit di sana. Dengan mengajukan kartu kredit di bank yang sama dengan tempat kamu menabung, tentunya pihak bank akan cukup mudah untuk memeriksakan siklus keuangan Anda.

Sebagai contohnya, apabila Anda telah memiliki rekening tabungan di bank BCA, maka ajukanlah aplikasi kartu kredit BCA juga. Hal ini akan mempermudah proses sehingga pihak bank akan menyetujui pengajuan Anda daripada kamu mengajukan jenis kartu kredit dari perusahaan bank lain.

3. Pakai Rekening Koran
Rekening koran merupakan bukti akan kegiatan semua transaksi pembayaran Anda. Rekening koran selama jangka waktu 3-6 bulan terakhir akan cukup untuk pihak bank mempertimbangkan Anda sebagai calon nasabah kartu kredit. Apakah Anda termasuk orang yang aktif bertransaksi atau tidak. Biasanya, seseorang yang bekerja freelance, pengusaha atau siapapun yang tidak mempunyai slip gaji, akan di mintai rekening koran saat pengajuan kartu kredit.

Selain rekening koran, para pemohon juga harus melampirkan SIUP, NPWP dan berbagai macam hal supaya bank mampu menentukan apakah Anda cocok dan layak untuk diberikan kartu kredit atau tidak. Dengan adanya rekening koran tersebut, secara tidak langsung Anda menunjukkan kepada pihak bank akan kesehatan finansial yang baik dengan berupa transaksi masuk dan keluar yang terus stabil.

4. Gunakan Jasa Lembaga Keuangan
Cara lainnya untuk mencari celah dalam mengajukan kartu kredit tanpa menggunakan slip gaji ini adalah gunakan jasa lembaga keuangan. Strategi satu ini tergolong yang paling mudah walaupun Anda akan sedikit mengeluarkan uang untuk membayar jasa.

Biasanya, pada saat tertentu ketika bank penerbit kartu kredit mengadakan promosi yang dibundling dengan produk tertentu. Apabila Anda tertarik untuk membeli produk ini, maka akan sekaligus di uruskan aplikasi kartu kredit.

Lembaga keuangan lainnya yang juga mampu membantu permohonan kartu kredit yaitu seperti aturduit.com. Disana Anda tinggal memasukkan data yang diperlukan oleh pihak bank yang bersangkutan, kemudian mereka akan menghubungi Anda untuk mengklarifikasi data. Keuntungan lainnya dalam mengajukan kartu kredit melalui bantuan lembaga keuangan atau website resminya yaitu Anda bisa terima beres saja. Di setujui atau tidaknya, Anda tinggal menyerahkan persyaratannya saja dan tinggal menunggu hasil.

5. Mengajukan Kartu Kredit di Wilayah Domisili
Kian maraknya promo kartu kredit, semakin banyak pula layanan kartu kredit yang ditawarkan oleh bank penerbit untuk para nasabahnya yang datang dari luar kota atau luar wilayah. Tetapi umumnya, proses permohonan untuk nasabah dari luar wilayah akan lebih sulit atau lebih susah dan mesti memenuhi persyaratan yang sangat detail supaya di setujui.

Untuk itu, jika Anda ingin mengajukan aplikasi kartu kredit di luar wilayah domisili, persiapkan seluruh data-data yang ditagih bank apabila Anda ingin kartu kredit segera diberikan. Usahakan, buatlah kartu kredit di wilayah Anda berdomisili sesuai dengan KTP dan data kependudukan lainnya.

Saat ingin membuat permohonan kartu kredit kepada bank penerbit apa saja, sebaiknya Anda telah memiliki pengetahuan dasar yang memadai untuk membuat pihak bank percaya, walaupun tidak ada slip gaji. Pelajarilah kondisi dan cara mengelola keuangan pribadi Anda sebab akan bertujuan supaya dapat mengetahui berapa limit kartu yang ingin di ajukan.

Pastinya setiap bank mempunyai persyaratan yang berbeda-beda tentang batasan penghasilan saat Anda ingin mengajukan permohonan. Apabila penghasilan Anda kurang dari Rp 3 juta, maka pilihlah jenis kartu yang paling rendah. Di Bank BCA contohnya, Anda dapat memilih jenis kartu kredit silver.

Bank penerbit akan menerima pengajuan kartu kredit Anda apabila keuangan Anda tampak sehat atau stabil. Nah, jika Anda termasuk pengusaha, pastikan semua aliran uang yang masuk dan keluar semua tercatat di bank atau sebisa mungkin gunakan transaksi bank. Beberapa bank penerbit yang terpopuler di Tanah Air yang mungkin dapat Anda jadikan tempat permohonan kartu kredit adalah BCA, Mandiri, CIMB, dan BRI. Dari segala macam jenis kartu kredit ini, yang paling penting ialah bagaimana cara menggunakannya dengan bijak supaya Anda tidak terkena lilitan hutang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *