5 Manfaat Kartu Kredit yang Wajib Anda Tahu

Kartu kredit tak selamanya menjadi petaka. Jika digunakan secara bijak dan pintar, kartu ajaib ini bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi pemiliknya. Berdasarkan catatan kami, setidaknya ada 5 manfaat dari kartu kredit yang bisa dinikmati langsung oleh penggunanya. Tak hanya sekedar promo kartu kredit yang terbatas dan berlainan, tetapi manfaat ini berlaku untuk semua kartu kredit.

Manfaat Kartu Kredit

1. Belanja bayar nanti
Dalam penggunaannya, setiap transaksi kartu kredit akan dibayarkan pada billing selanjutnya. Ini artinya Anda bisa memperoleh keuntungan langsung ‘pembayaran mundur’. Selama seluruh tagihan nantinya dibayarkan secara penuh dan tepat waktu, maka selama itu pula Anda tidak akan dikenakan bunga. Jika transaksi dilakukan pada masa-masa yang dekat dengan waktu cetak biling, maka jeda waktu bayar akan menjadi lebih lama lagi. Jika Anda menjalani bisnis, Anda pasti tahu persis betapa menguntungkannya bisa melakukan transaksi semacam ini.

2. Catatan belanja bulanan
Anda malas mencatat pengeluaran rutin setiap bulan? Tenang saja! Lakukan semua transaksi rumah-tangga dan pokok menggunakan kartu kredit, dan semua transaksi Anda akan tercatat rapi pada lembar tagihan. Jika Anda menggunakan e-statement, bahkan histori transaksi akan tersimpan rapi dalam email Anda yang bisa diakses kapan saja.

3. Bayar semua tagihan
Tak perlu lagi pergi ke kantor pos atau loket pembayaran untuk membayar satu per satu tagihan rutin bulanan Anda seperti listrik, telpon, internet, asuransi dan lain sebagainya. Cukup daftarkan semuanya di kartu kredit Anda dan bayarakan sebulan sekali setiap kali tagihan baru datang. Mudah dan bebas lupa. Dengan begini, Anda juga meminimalisir denda akibat lupa dan kelalaian lainnya.

4. Talangi kebutuhan mendadak
Pada waktu-waktu tertentu, bukan tak mungkin kita tiba-tiba memiliki kebutuhan mendadak yang tidak dipersiapkan sebelumnya. Nah, kartu kredit bisa Anda gunakan untuk menalangi kebutuhan tersebut untuk sementara. Jeda waktu pembayaran yang tidak langsug dapat menjadi waktu untuk memikirkan kembali cara untuk mengatasi kebutuhan mendadak tersebut. Jika memang dibutuhkan, Anda bisa merubahnya menjadi cicilan yang meringankan.

5. Bebas Repot & Bebas Rampok
Bepergian dan berbelanja membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dompet Anda? Hati-hati rampok mengintai! Dengan kartu kredit, apalagi yang sudah dilengkapi pin, Anda akan aman dari rampok. Jika dicuri pun, Anda bisa langsung melakukan blokir kartu hingga perampok hanya akan bisa gigit jari!

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *