Cara Mambuat Kartu Kredit untuk Mahasiswa

Kartu kredit mempunyai berbagai macam keuntungan dan fitur menarik yang pastinya akan membuat banyak orang merasa tertarik untuk memiliki alat pembayaran instan berbentuk plastis tipis itu. Bank pembuat kartu kredit juga semakin gencar memberikan beragam penawaran melalui kartu tersebut yang bisa membuat orang tergoda dan ingin memiliki kartu kredit segera.

Namun, diluar semua penawaran menggiurkan itu, bila ingin mendapatkan sebuah kartu kredit tidaklah semudah yang kita pikirkan. Meski tidak sesulit zaman dulu, namun tetap ada saja bank yang memiliki berbagai persyaratan dan aturan ketat dalam menyeleksi nasabah yang akan diberikan fasilitas kartu kredit. Hal ini tentu sangat masuk akal sebab mengingat kartu kredit merupakan salah satu produk perbankan yang memiliki resiko tinggi dan berpotensi besar menimbukan kerugian untuk pihak Bank sendiri. Jadi wajar saja bila Bank sangat berhati-hati dalam memilih dan melakukan seleksi bagi pengguna kartu kredit mereka.

Kartu Kredit Untuk Mahasiswa

Banyaknya penawaran menarik yang ditawarkan oleh kartu kredit, seringkali menjadi alasan utama kenapa seseorang berniat untuk mengajukan aplikasi kartu tersebut ke Bank yang diinginkan. Beragam keuntungan dan kemudahan dapat Anda dapatkan dengan menggunakan kartu kredit sehingga sudah pasti banyak orang yang akan mencoba peruntungan dengan mengajukan permohonan ke beberapa Bank sekaligus. Tapi tunggu, apakah hal ini adalah cara yang efektif?

Dalam proses permohonan aplikasi kartu kredit, tentu saja Bank akan menerapkan sejumlah kebijakan standar. Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah aplikan wajib memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap setiap bulannya. Nah kalau sudah begitu, bagaimanan dengan orang yang masih berstatus mahasiswa dan belum bekerja?

Bila seorang mahasiswa ingin mengajukan kartu kredit, pihak Bank pasti menanyakan alasannya kenapa ia ingin memiliki kartu kredit padahal belum mempunyai penghasilan yang tetap. Meski di zaman sekarang, tidak sedikit mahasiswa telah memiliki pekerjaan sambilan dan mendapatkan sejumlah uang dari usahanya, namun hal tersebut tetap saja tidak bisa dijadikan sebagai acuan dalam aplikasi kartu kredit.

Selain itu, bisa juga menjadi penghambat karena kartu kredit harus dilengkapi data pekerjaan yang lengkap seperti kantor atau perusahaan yang jelas, status kepegawaian tetap dengan lama kerja minimal 1 tahun, gaji setiap bulannya yang memenuhi standar bank (biasanya minimal Rp 3 juta/bulan). Semua kategori tersebut jarang sekali atau bahkan tidak dimiliki oleh seorang mahasiswa. Hal inilah yang sering menjadi penghalang utama mengapa mahasiswa sulit untuk mempunyai kartu kredit.

Tentunya Bank melihat hal tersebut sebagai resiko yang besar, dimana seseorang yang tidak memiliki penghasilan tetap akan mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran terhadap tagihan kartu kredit nantinya. Karena itu, Bank tidak ingin mengambil resiko tersebut sebab berpotensi menganggu kinerja bisnis yang mereka jalankan. Namun disisi lain, Bank juga tetap memberikan kemudahan dalam mengakses kartu kredit bagi mereka yang masih berstatus mahasiswa.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk dapat memiliki kartu kredit dari Bank:

1. Fasilitas Kartu Tambahan
Untuk Anda yang berstatus mahasiswa namun memiliki keinginan untuk mendapatkan kartu kredit dengan segera, maka yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pengajuan permohonan sebuah kartu tambahan. Hal ini mungkin bisa terjadi bila orang tua atau saudara Anda telah mempunyai kartu kredit sebelumnya. Karenanya, Anda bisa minta izin dan mengajukan permohonan kartu tambahan atas nama Anda.

Tetapi bagaimana jika ternyata orang tua atau saudara Anda juga belum pernah memiliki kartu kredit sebelumnya? Maka mulailah membujuk keluarga Anda untuk mengajukannya bersama-sama. Pengajuan sekaligus yaitu kartu utama + kartu tambahan seperti ini akan lebih mudah disetujui.

2. Ajukan Saat ada Promo Spesial
Seringkali Bank mengadakan sejumlah promo khusus di mall atau supermarket, terutama untuk Bank yang sedang memiliki program-program khusus seperti diskon belanja, dan penawaran lainnya di tempat tersebut. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengajukan permohonan kartu kredit. Biasanya pihak Bank akan menerapkan sejumlah persyaratan yang mudah seperti fotocopy KTP dan mengisi formulir saja.

Hal ini akan sangat baik bila Anda mengajukan permohonan kartu kredit pada Bank yang memang Anda gunakan. Dengan begitu, Bank dapat melakukan pengecekan dan melihat perputaran saldo serta tabungan yang Anda miliki di Bank tersebut. Pastikan Anda memiliki perputaran uang tabungan serta saldo yang cukup di dalam rekening agar pihak Bank lebih percaya dan mau memberikan fasilitas kartu kredit kepada Anda.

3. Gunakan Fasilitas MGM
Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan fasilitas MGM atau Member Get Member yang dimiliki oleh keluarga atau teman Anda, yang mana mereka memang telah memakai kartu kredit sebelumnya. Program MGM adalah bentuk apresiasi yang diberikan oleh pihak Bank kepada nasabahnya yang memiliki sejarah penggunaan kartu kredit yang baik sehingga Bank akan meminta nasabah itu untuk merekomendasikan seseorang yang di anggap layak sebagai nasabah baru bagi fasilitas kartu kredit pada bank tersebut.

Program MGM ini merupakan tingkat approval yang sangat tinggi karena Bank memberikan program tersebut sebagai bentuk kepercayaannya kepada seorang nasabah. Hal ini tentu patut dicoba dan barangkali Anda beruntung untuk memiliki kartu kredit segera.

4. Lakukan Lock Deposito
Cara ini sering disebut dengan sistem jaminan karena sejumlah dana Anda akan dikunci oleh pihak Bank dan dijadikan sebagai jaminan atas terbitnya kartu kredit Anda. Dana tersebut tentu tidak bisa dicairkan selama Anda menggunakan fasilitas kartu kredit. Beberapa bank sudah menerapkan sistem ini dilayanan mereka, jadi Anda dapat memilih dan menggunakan salah satu di antaranya. Tapi sayang, persentase dana yang akan dikunci biasanya akan lebih besar dari limit kartu kredit yang diberikan oleh pihak Bank, berkisar 120% dari limit kartu.

Kartu kredit khusus untuk mahasiswa akan berbeda juga manfaat dan keuntungan lebih dari kartu kredit biasa. Namun pada dasarnya, kartu kredit mempunyai berbagai program dan penawaran menarik yang bisa digunakan antara kain:

· Fitur buy 1 get 1 free pada saat Anda ingin menonton bioskop. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan dan juga menguntungkan untuk Anda yang hobby menonton film-film terbaru dibioskop
· Diskon tertentu di toko buku. Sangat cocok untuk Anda yang masih berstatus mahasiswa
· Penawaran menarik dari berbagai tempat wisata dan juga arena olahraga atau pusat kebugaran
· Diskon khusus di berbagai cafe atau restoran terkenal. Program ini dapat menghemat pengeluaran bulanan Anda
· Penawaran menarik saat ingin membeli tiket pesawat atau saat ingin menggunakan jasa agen travel tertentu

Jika Anda sudah memiliki kartu kredit tersebut, sebaiknya gunakanlah dengan bijak dan tepat. Jangan sampai Anda mengalami kesulitan membayar sejumlah tagihan yang timbul akibat tidak bisa mengontrol pemakaian. Selalu ingat jika kartu kredit sama saja dengan hutang yang harus Anda bayar dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *