Cara Menggunakan Kartu Kredit?

Ada 2 sisi yang dapat ditelisik dari pertanyaan yang diajukan pada judul artikel kali ini, sisi teknis dan sisi non-teknis. Kedua-duanya sama penting dan wajib mendapatkan jawaban serius agar menjadi jelas. Pada artikel ini, kita akan membahas segala hal yang berhubungan dengan cara menggunakan kartu kredit.

Cara Menggunakan Kartu Kredit

Cara Teknis
Kartu kredit adalah alat pembayaran dan cara untuk membayar sesuatu. Dengan bentuk fisik sebagaimana kartu-kartu lain yang diterbitkan oleh bank, maka menggunakan kartu kredit sangat sederhana. Anda hanya perlu memberikannya kepada petugas kasir atau orang yang berkepentingan untuk menerima pembayaran dari Anda.

Untuk aktivitas belanja konvensional, kartu kredit diberikan untuk kemudian dimasukkan dalam mesin pemroses (EDC). Transaksi akan dicatat secara real time dan Anda memperoleh struk sebagai tanda bukti. Untuk kartu kredit yang membutuhkan tanda tangan, maka Anda perlu membubuhkannya sebagai persyaratan agar pembayaran menjadi sah. Untuk kartu kredit dengan pin, maka Anda perlu memasukkan pin yang benar agar transaksi dapat diproses.

Beberapa persyaratan penggunaan kartu kredit :
– Kartu harus digunakan oleh orang yang namanya tertera pada kartu
– Kartu harus sudah aktif, belum masuk masa kadaluarsa (expired), memiliki sisa limit dan tidak memiliki tunggakan yang menyebabkan status terblokir

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan setiap orang untuk bertransaksi secara online menggunakan kartu kredit. Untuk melakukannya, caranya adalah dengan menuliskan data kartu sebagaimana yang diminta, yaitu nomor, masa berlaku, cvv dan alamat billing.

Cara non-teknis
Cara menggunakan kartu kredit non-teknis adalah bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak agar Anda tidak terlilit hutang. Pembahasan mengenai ini dapat dibaca pada beberapa artikel yang pernah kami ulas di website ini. Pertama Anda harus tahu dulu bahaya kartu kredit, kemudian Anda juga harus bisa membedakan antara Keuntungan dan Kerugian Kartu Kredit.

Kesimpulan
Cara menggunakan kartu kredit cukup mudah seperti kartu debit sehingga Anda tidak perlu merasa bingung. Jika ada kendala, Anda dapat langsung menghubungi customer service kartu kredit yang siap membantu Anda 24 jam sehari.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *