Cara Mudah Pembayaran Kartu Kredit

Sudah bukan rahasia lagi apabila akhir-akhir ini jumlah pengguna kartu kredit semakin meningkat. Banyak sekali orang yang gemar melakukan transaksi pembayaran menggunakan kartu plastik tipis tersebut. Hal ini dapat dilihat dari tingginya jumlah transaksi yang terjadi dengan akses kartu kredit atau banyaknya jenis kartu kredit yang beredar ditengah-tangah masyarakat dunia maupun Tanah Air.

Bank selaku pihak penerbit kartu kredit tentu melihat hal itu sebagai sebuah peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnis mereka. Berbagai penawaran dan fitur yang menarik pun disematkan dalam produk mereka, bahkan ada jenis kartu kredit tertentu yang mampu memenuji berbagai kebutuhan nasabahnya. Bank juga akan memberikan kemudahan bagi para calon nasabah untuk mengakes kartu kredit tersebut.

Kemudahan Pembayaran Tagihan

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kartu kredit adalah salah satu produk perbankan yang menawarkan keuntungan dan kelebihan besar bagi pihak bank. Karena itulah sangat wajar apabila bank melakukan beragam upaya untuk meningkatkan angka penjualan produk mereka. Sebagai contohnya, memberi banyak penawaran menarik dan diskon atau promo khusus untuk para nasabah kartu kredit. Selain itu, bank juga memudahkan pengguna kartu dalam melakukan pembayaran tagihan per bulannya.

Tak bisa di pungkiri bahwa sebagian orang memiliki lebih dari dua kartu kredit, bahkan beberapa jenis kartu kredit sekaligus. Walaupun pemerintah telah menetapkan aturan yang ketat terkait jumlah maksimal pengguna kartu kredit yaitu maksimal 2 buah saja, namun hal itu seolah tidak menjadi halangan untuk orang-orang agar tetap memiliki kartu kredit dalam jumlah yang melebihi ketentuan.

Hal itu mungkin tidak jadi masalah apabila selama nasabah yang bersangkutan dapat membayar tagihan perbulannya. Jika seseorang mempunyai kartu kredit lebih dari 2 dari vendor bank yang berbeda pula, maka sudah pasti ia akan membutuhkan sebuah media pembayaran yang simpel dan praktis agar tidak menyita waktu saat pembayaran.

Pengguna pastinya tidak ingin melakukan pembayaran lewat teller bank karena itu hal yang merepotkan. Mungkin Anda juga termasuk di dalamnya, tentu Anda tidak ingin mendatangi setiap bank penerbit kartu kredit yang bersangkutan karena tidak efisien dan menyita banyak waktu.

Pembayaran Lewat Teller Bank

Cara ini bisa jadi cara yang paling biasa dilakukan oleh para nasabah kartu kredit. Anda dapat langsung datang ke bank bersangkutan dan membayarkan tagihan setoran tunai melalui teller. Saat menyetor, biasanya Anda akan melampirkan slip pembayaran kartu kredit Anda. Membayar langsung diloket teller bank akan dikenakan charge yang berkisar antar Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu untuk satu kali kartu pembayaran.

Pembayaran Lewat Mesin ATM

Anda pasti sudah tidak asing dengan mesin ATM bukan? Ya, mesin ATM sekarang sangat mudah ditemukan dimana saja, bukan hanya di dalam bank, namun juga mudah dijumpai di berbagai toko atau supermarket. Mesin ATM juga bukan untuk mengecek saldo atau menarik uang tunai, namun Anda juga dapat membayar tagihan kartu kredit di mesin ini.

Secara khusus, bank penerbit akan mengupayakan berbagai kemudahan pembayaran melalui layanan ATM kepada semua nasabah mereka, terutama bagi bank asing yang jarang sekali pengguna kartu kreditnya mempunyai rekening tabungan di bank tersebut seperti HSBC atau Citibank. Dengan begitu, akan sangat penting bagi bank-bank tersebut untuk menjalin kerja sama dengan jaringan bank lainnya dalam melakukan pembayaran tagihan untuk kartu kredit yang mereka keluarkan.

Namun hal tersebut bukan berarti berjalan tanpa hambatan, karena pembayaran tagihan kartu kredit melalui ATM dari bank yang berbeda akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 hari supaya uang tersebut masuk ke dalam kartu kredit yang bersangkutan. Dengan alasan itulah, pihak bank sering menyarankan untuk pembayaran dilakukan jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo, setidaknya tiga atau lima hari sebelumnya.

Pembayaran Lewat Internet atau Mobile Banking

Semakin berkembangnya teknologi, maka urusan manusia sehari-hari pun semakin dipemudah. Tak terkecuali dalam dunia perbankan. Selain menggunakan mesin ATM untuk melakukan pembayaran kartu kredit, hampir seluruh bank penerbit kartu juga menyediakan layanan internet atau mobile banking.

Dengan adanya layanan internet atau mobile banking, Anda jadi tidak perlu pergi ke bank atau ATM terdekat karena hanya duduk manis di rumah dan bermodalkan gadget saja, Anda sudah dapat membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Dalam pembayaran dengan menggunakan layanan mobile banking, langkah pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan mengikuti prosedur-prosedur yang diberikan. Biasanya sistem akan sama seperti membayar lewat ATM. Namun, pastikanlah layanan internet atau mobile banking Anda telah terdaftar dan di aktifkan di bank penerbit supaya pembayaran tagihan kartu kredit pun dapat berjalan dengan lancar.

Pembayaran Lewat Autodebet

Jika tidak bisa membayar lewat ATM atau Mobile Banking, cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan fasilitas autodebet. Hal ini berlaku jika Anda menggunakan kartu kredit dari bank yang sama dengan tempat Anda menabung. Anda bisa mentransfer langsung sejumlah tagihan kartu kredit dari rekening tabungan Anda sendiri.

Cara satu ini di nilai lebih praktis dari kedua cara sebelumnya karena pembayaran tagihan kartu kredit akan di debet langsung dari rekening tabungan. Anda bisa melakukan pengaturan tanggal pembayaran autodebet tersebut dari tanggal jatuh tempo kartu kredit. Lalu, tabungan akan terpotong secara otomatis setiap bulannya. Untuk melakukan pembayaran lewat autodebet, Anda tinggal menghubungi pihak bank rekening tabungan dan kartu kredit.

Pembayaran Lewat SMS Banking

Bank semakin memudahkan para nasabahnya dengan memberikan layanan berupa SMS Banking. SMS Banking merupakan layanan yang memungkinkan Anda yang tidak sempat untuk pergi ke ATM atau pun bank penerbit, sehingga dapat melakukan transaksi perbankan melalui SMS dari nomor operator.

Anda bisa memanfaatkan fasilitas SMS Banking ini karena sangat mudah, simpel, praktis, cepat dan hemat waktu. Untuk melakukan registrasi SMS Banking, Anda harus mendaftarkan nomor ponsel untuk digunakan dalam setiap transaksi dengan cara registrasi lewat ATM atau datang ke kantor cabang bak penerbit kartu kredit terdekat.

Bayar Tepat Waktu dan Hindari Bunga!

Pemabayaran tagihan kartu kredit tiap bulannya akan membutuhkan perhatian khusus, apalagi untuk Anda yang membayarnya secara manual atau tanpa layanan otomatis lewat rekening tabungan pribadi. Usahakan untuk membayar beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba. Hal ini akan menghindari dari beragam macam biaya dan juga denda akibat keterlambatan pembayaran yang terkadang diluar dugaan.

Lakukan pembayaran secara disiplin dan terjadwal agar pembayaran tagihan menjadi mudah dan tak perlu dilakukan secara terburu-buru tiap bulannya. Penggunaan kartu kredit pada dasarnya untuk membantu berbagai transaksi keuangan, bukannya untuk mempersulit dan justru menambahkan berbagai keluhan dalam keuangan. Bahkan jangan sampai Anda terlilit hutang. Oleh sebab itu, gunakanlah kartu kredit dengan bijak dan bayar dengan hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *