Ini 7 Tips Menggunakan Kartu Kredit

Sebagai produk keuangan, kartu kredit memiliki 2 sisi yang cukup tajam. Ia bisa membantu sekaligus ‘membunuh’ Anda. Padahal, zaman modern seperti sekarang ini tak komplit tanpa memiliki kartu kredit sebagai alat pembayaran yang mudah, cepat, ringkas dan aman. So, bagi pemilik kartu kredit, usahakanlah untuk selalu bijak dan cerdas ketika menggunakannya.

Ini 7 Tips Menggunakan Kartu Kredit

Berikut beberapa tips menggunakan kartu kredit yang akan dapat Anda jadikan panduan :

1. Janganlah mempunyai kartu kredit lebih dari 2. Cukup 1-2 kartu saja, Anda telah dapat melakukan beberapa hal. Seandainya bisa dari 2 kartu yang Anda punyai, 1 kartunya hanya mempunyai limit 4-7 juta supaya Anda juga tak boros.
2. Janganlah beli barang yg tidak dibutuhkan. Tanyakan pada diri Anda apakah barang yang akan Anda beli itu benar-benar penting? apakah Anda bakal menggunakan lebih dari 2 kali?. Tanyakan selalu setiap Anda mau beli barang dengan kartu jangan lantas Anda membeli barang yang cuma dipakai sekali.
3. Pilih kartu kredit yang mempunyai bunga perbulan dibawah 15% hingga Anda juga tak berat saat membayar tagihannya.
4. Lunasi setiap tagihan Anda sebelum batas waktunya lantaran saat telah melalui batas saat yang sudah ditetapi oleh instansi keuangan, Anda bakal terkena denda yg tidak kecil.
5. Janganlah selalu membawa kartu kredit Anda lantaran Anda mungkin tergoda untuk memakainya meskipun Anda sebenanya tak merencanakan belanja. Apabila ingin membawanya, bawahlah kartu dengan limit paling rendah.
6. Batasi belanja Anda. Buat biaya perbulan yang bisa Anda belanjakan atau gunakan untuk makan di luar. Apabila telah melewati batas itu, Anda mesti berhenti. Sebaiknya Anda hanya belanja serta makan di luar satu minggu atau satu bulan sekali.
7. Janganlah menarik tunai dengan memakai kartu kredit karena bunganya lebih tinggi yang bermakna hutang Anda makin banyak.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *