Ini Syarat Pengajuan Kartu Kredit di Semua Bank

Sebagai salah satu produk perbankan yang menyediakan sejumlah dana tertentu bagi nasabah untuk berbagai kebutuhan belanja dan transaksi keuangan, kartu kredit tentu saja mensyaratkan sejumlah hal yang harus dimiliki oleh calon pemegang kartu sebelum dapat disetujui.

Syarat Pengajuan Kartu Kredit

Tentu saja, persyaratan lebih dari sekedar kartu identitas (KTP, SIM, dsb) atau tanda-tangan sebagaimana yang terjadi jika kita membuka tabungan. Kartu kredit merupakan produk pinjaman sama seperti KPR (rumah), KPM (kendaraan), KTA (non agunan) dan lain sebagainya yang membutuhkan validasi cashflow dan kredibilitas konsumen.

Berikut syarat pengajuan kartu kredit yang berlaku secara umum di semua bank yang menerbitkan kartu kredit :

1. Data Lengkap. Pada lembar permohonan, Anda perlu memberikan data yang selengkap-lengkapnya sesuai dengan yang diminta beserta fotokopi kartu identitas yang masih berlaku.
2. Kas Masuk. Pemilik kartu kredit harus memiliki pekerjaan atau usaha yang memberikan penghasilan tetap setiap bulannya. Pekerjaan atau usaha harus sudah berjalan setidak-tidaknya selama 2 tahun dan dapat dibuktikan dengan slip gaji, mutasi rekening tabungan dan hal-hal lainnya.
3. Bersih Kredit. Setiap pemohon kartu kredit akan diperiksa histori transaksi BI-nya, apakah bersih atau bermasalah. Permohonan akan dihentikan seketika apabila nasabah masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia karena pernah atau sedang mengalami permasalahan pada kredit yang dimilikinya di bank lainnya.
4. Data Saudara Tak Serumah. Hampir seluruh applikasi kartu kredit meminta data dari anggota keluarga yang tidak serumah. Anda perlu menyiapkan data ini secara baik dengan nomor kontak yang mudah dihubungi karena cukup penting bagi hasil permohonan Anda.
5. Validitas. Seluruh data yang diberikan kepada bank akan divalidasi secara manual melalui telepon atau kunjungan langsung pihak bank. Seluruh data dan informasi yang tidak bisa divalidasi akan membuat bank menolak permohonan kartu kredit seseorang.

Pemilik Kartu Kredit Bank Lain
Sementara itu, bagi Anda yang sudah memiliki kartu kredit dari bank lain yang berumur setidak-tidaknya 1 tahun, maka syarat pengajuan kartu kredit akan lebih mudah dimana bank akan menghilangkan berbagai persyaratan yang dirasa tidak perlu dengan satu syarat lain yaitu Anda memberikan fotokopi kartu kredit Anda dalam formulir pendaftaran.

So, apakah Anda sudah memenuhi syarat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *