Keuntungan dan Kerugian Kartu Kredit

Ibarat dua sisi mata uang, kartu kredit memberikan keuntungan dan kerugian dalam satu paket. Jika konsumen cerdas dan bijak, maka keberadaan kartu kredit akan menguntungkannya. Sebaliknya, bagi konsumen yang sembrono, kartu kredit dapat menjadi bom waktu yang siap meledak kapan saja dan membuat merana. So, pada posting kali ini, kita akan membahas keuntungan dan kerugian kartu kredit secara komperhensif dan lengkap.

Keuntungan dan Kerugian Kartu Kredit

Keuntungan Kartu Kredit

Memudahkan : Anda bisa bertransaksi dimana saja kapan saja tanpa membawa uang tunai dan tanpa harus membayarnya secara langsung. Kartu kredit juga dapat digunakan untuk berbelanja via internet di website belanja luar negri.

Mengurangi : Sebagian besar kartu kredit menawarkan berbagai macam promo dan penawaran yang menarik. Anda dapat mengurangi harga dan menghemat belanja dengan memiliki kartu kredit tertentu.

Merubah : Anda memiliki fleksibilitas dalam mengatur jumlah pembayaran dan jangka waktu mencicil (apabila dicicil). Tanpa kartu kredit, Anda tidak dapat melakukan hal ini.

Mengatur : Jika Anda dan keluarga rutin berbelanja setiap bulan untuk kebutuhan sehari-hari, maka kartu kredit dapat membantu Anda untuk mengatur cashflow dan mengatur pengeluaran yang tercatat pada tagihan yang dikirim 1x sebulan.

Menyediakan : Kartu kredit dapat menjadi dana cadangan dan senjata ampuh terakhir untuk berbagai hal yang sifatnya mendadak dan tak terduga-duga. Misalnya jika Anda atau keluarga tiba-tiba sakit dan tak menyiapkan anggaran untuk itu, maka kartu kredit dapat dimanfaatkan terlebih dahulu sembari Anda mencari jalan keluar masalah yang sedang dihadapi.

Kerugian Kartu Kredit

Dana Tak Nyata : Dengan kredit limit yang diberikan oleh bank, Anda mungkin akan latah menggunakannya. Jika tak bijak, gaya hidup boros dan berfoya-foya akan membuat tagihan kartu kredit membengkak. Lebih buruk lagi, penggunaan kartu kredit yang tak terkontrol akan membuat besar pasak daripada tiang. Jika sudah begitu, siap-siap Anda menjerit.

Tergiur : Berbagai promo dan penawaran menarik yang diberikan kartu kredit setiap bulan, bukan tak mungkin membuat Anda membeli berbagai produk yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. Alih-alih memanfaatkan promo yang seharusnya menguntungkan, Anda justru kalap mengikuti promo tersebut sebelum menyesal kemudian.

Tertimpa Bunga : Setiap tagihan yang tidak dibayarkan secara penuh akan dikenakan bunga kartu kredit yang cukup tinggi. Selanjutnya, bunga tersebut akan turut ditagihkan pada tagihan berikutnya. Jika tidak dibayarkan secara penuh kembali, maka bunga tersebut akan dibungakan kembali beserta sisa tagihan lainnya. Apabila hal ini terjadi terus-menerus, tagihan kartu kredit Anda tak akan pernah lunas karena beban bunga-berbunga yang semakin naik setiap bulannya.

Jika Tidak Disiplin : Tak hanya mengatur cashflow yang sehat, pemilik kartu yang tidak disiplin membayarkan tagihan tepat waktu (sebelum jatuh tempo) juga akan dibebankan dengan denda keterlambatan yang cukup besar.

So, Apakah kartu kredit bagi Anda?
Menguntungkan, atau justru menguntungkan, itu pilihan Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *