Masalah Kartu Kredit : 60% Pemohon Kredit Rusun Ditolak Karena Kartu Kredit

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh APERSI : Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (28 Feb 2014), terdapat sekitar 60% pengajuan kredit rusun (rumah susun) ditolak karena cicilan kartu kredit dan cicilan sepeda motor yang bermasalah ketika dilakukan BI Checking.

masalah kartu kredit 1

Tentu saja, mayoritas dari pemohon kredit rusun berasal dari kalangan menengah dan menengah bawah. Dari data ini, dapat dilihat bahwa kartu kredit sudah menyasar ke hampir seluruh kelas tak terkecuali kalangan yang seharusnya belum pantas untuk memilikinya. Tak hanya secara finansial, melainkan juga di sisi kecukupan informasi dan kematangan berpikir.

Kartu kredit memang dapat menjadi masalah jika berada di tangan orang yang tidak tepat. Alih-alih menggunakannya secara bijak, besar kemungkinan kalangan tersebut belum paham betul dengan sistem kerja kartu kredit.

Masalah kartu kredit ini dapat menjadi sangat buruk dan merugikan pemiliknya. Tak hanya sekedar utang yang menumpuk karena tak kunjung lunas akibat bunga yang tinggi, pemilik kartu kredit juga akan dimasukkan dalam daftar hitam Bank Indonesia. Jika sudah masuk, niscaya seluruh pengajuan transaksi kredit yang lainnya akan terganjal dan ditolak mentah-mentah oleh sistem bahkan sebelum proses verifikasi data dilakukan.

So, sangat bijak rasanya jika perbankan atau pemerintah memberikan edukasi yang lebih mendalam mengenai kartu kredit dan masalah yang bisa ditimbulkannya apabila tidak digunakan secara benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *