Sistem Kerja Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan alat pembayaran yang dikeluarkan oleh bank bagi para nasabah yang memenuhi persyaratan perbankan. Berbeda dengan kartu debit, pada kartu kredit terdapat pagu yang dapat digunakan oleh pemegang kartu untuk melakukan berbagai macam transaksi. Pagu kredit tidak memotong tabungan milik nasabah, melainkan dibayarkan oleh bank terlebih dahulu kepada merchant.

sistem kartu kredit

Perbedaan Sistem Kartu Debit & Kartu Kredit
Pada kartu debit, nasabah harus memiliki tabungan sejumlah tertentu sebelum dapat melakukan transaksi. Maksimal transaksi yang dapat dilakukan adalah sebesar jumlah tabungan yang dimilikinya atau terbatas pada limit harian yang diizinkan.

Pada kartu kredit, nasabah diberikan pagu (limit kredit) yang besarnya berdasarkan atas penilaian bank. Limit tersebut dapat digunakan untuk berbelanja di berbagai macam merchant yang menerima pembayaran dengan kartu kredit secara bebas tanpa nasabah harus membayarnya saat itu juga. Semua transaksi yang terjadi akan ditalangi oleh bank.

Setiap bulan, seluruh transaksi yang dilakukan pemegang kartu akan ditagihkan kepada nasabah. Nasabah dapat membayar tagihan tersebut secara penuh maupun sebagian. Jika pembayaran penuh, maka nasabah tidak akan dikenakan bunga. Sementara apabila tagihan dibayarkan tidak penuh, maka nasabah akan dikenakan bunga sesuai dengan ketentuan bank.

Sistem Kerja Kartu Kredit
1. Nasabah melakukan transaksi dengan kartu kredit > Bank membayari transaksi tersebut ke merchant/toko.
2. Bank akan menagihkan transaksi tersebut kepada nasabah setiap bulan > Nasabah memiliki opsi untuk membayar penuh, sebagian atau merubahnya menjadi cicilan (sesuai dengan ketentuan tiap-tiap bank).
3. Jika pembayaran penuh, maka nasabah tidak dibebankan bunga dan kredit limit akan kembali seperti semula. Jika pembayaran sebagian, maka nasabah akan dikenakan bunga berjalan pada tagihan berikutnya dan kredit limit akan berkurang (kredit limit – sisa hutang).

Keuntungan Kartu Kredit Bagi Bank
Bisnis kartu kredit merupakan sesuatu yang sangat menguntungkan bagi perbankan. Keuntungan pertama diperoleh dari bunga yang dibebankan kepada nasabah, kemudian iuran tahunan dan berbagai kerjasama dengan merchant & retailer.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *