Tips agar Tidak Konsumtif Menggunakan Kartu Kredit

Saat ini banyak pengguna kartu kredit yang berakhir dengan hutang. Tidak sedikit pula nasabah mengalami tunggakan kartu kredit di setiap bulannya. Padahal, Anda sudah mengetahui bahwa kartu kredit itu memiliki dua sisi yang berbeda yaitu sisi positif dan negatif. Positifnya, kartu kredit dapat membantu Anda dalam berbagai transaksi pembayaran sedangkan sisi negatifnya, Anda jadi konsumtif dan kerap berhutang.

Dengan banyaknya kasus pengguna kartu kredit yang terlilit hutang, terkadang orang-orang menjadi takut untuk memiliki sebuah kartu kredit. Tetapi bila Anda menggunakannya secara bijak, kartu kredit bisa menjadi bantuan yang paling alternatif untuk membantu ekonomi Anda. Berkat kartu berbentuk persegi itu, Anda jadi bisa melakukan transaksi sekali gesek sehingga tidak perlu repot membawa uang tunai.

Tetapi, apakah pemakaian kartu kredit membuat orang menjadi konsumtif? Tidak dipungkiri, kemudahan penggunaan kartu kredit membuat masyarakat jadi ketagihan sehingga setiap pembayaran selalu menggunakannya. Beberapa alasan yang membuat nasabah jadi konsumtif adalah banyaknya diskon dan promo. Memang, para pengusaha sangat bersemangat memberikan promo besar-besaran dan diskon terutama untuk nasabah kartu kredit. Belum lagi dengan promo cicilan 0 % dengan kartu kredit sehingga seseorang dapat berbelanja dengan pembayaran cicilan ringan per bulannya. Supaya Anda tidak terjerumus hutang, alangkah baiknya Anda membaca tips agar tidak konsumtif menggunakan kartu kredit yang telah rangkum di bawah ini:

1. Belanja Sesuai Rencana
Biasakan diri Anda untuk berbelanja sesuai rencana. Dimana pun tempat pembelanjaannya, rencana belanja akan membantu Anda untuk mengendalikan pengeluaran. Sebagai contohnya, dari rumah Anda sudah merencanakan ingin membeli TV LED dengan menggunakan kartu kredit. Kemudian saat tiba di toko elektronik, fokuskan untuk membeli televisi saja dan jangan beli yang lain. Memang memfokuskan diri pada rencana belanja tidaklah mudah. Selalu saja ada godaan yang meningkatkan hasrat belanja Anda.

2. Abaikan Tawaran Merchant
Bank penerbit kartu kredit biasanya telah bekerja sama dengan sejumlah merchant dan para merchant ini mempunyai sejumlah cara cerdas dalam menarik minat nasabah kartu kredit untuk berbelanja di tempat mereka. Misalnya, merchant tersebut menawarkan undangan spesial dengan berhadiah barang tertentu dan nasabah harus datang ke tempat tersebut untuk mendapatkan barang ini.

Apabila Anda mendapat undangan spesial seperti itu, sebaiknya abaikan saja. Kenapa? Karena saat Anda datang ke tempat merchant, Anda akan di tawari oleh berbagai macam produk sehingga Anda bukan hanya membeli satu, melainkan lebih dari satu karena tidak enak telah diberi barang gratis.

3. Usahakan Untuk Punya 1 Kartu Kredit saja
Sebenarnya, tidak ada yang harus dibanggakan dari memiliki kartu kredit sebab dasarnya kartu kredit justru memberi jalan untuk berhutang. Tentunya hutang pasti harus dibayar. Oleh karena itu, para pengguna kartu kredit harus bijak supaya tidak terlilit hutang. Jika tidak, Anda akan semakin terlena dengan kemudahan-kemudahan kartu kredit sehingga memunculkan sifat konsumtif dan gaya hidup semakin tinggi.

Oleh karena itu, usahakan untuk memiliki satu buah kartu kredit saja supaya Anda dapat membatasi diri dari sifat konsumtif yang terkadang tidak dapat disadari lagi. Jangan risau dengan jumlah limit yang dimiliki oleh kartu kredit tersebut. Jika Anda menggunakannya secara bijak, Bank akan menawarkan untuk menaikkan limit kartu bila dirasa memang kurang. Fokuslah pada satu kartu kredit saja supaya iuran dan tagihan pun dapat dibayar dengan santai.

4. Manfaatkan Kartu Kredit untuk Berhemat
Apabila Anda karyawan yang sering melakukan perjalanan ke luar kota untuk urusan bisnis ataupun liburan, Anda bisa menggunakan layanan kartu kredit untuk berhemat. Sebagai contohnya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas airport lounge reward dari kartu kredit tersebut untuk makan gratis di sebuah restoran elite yang terdapa di bandara. Tetapi bila tidak gratis, Anda juga bisa mendapat harga diskon dari makanan itu. Cara ini memang sangat beresiko pada gaya hidup konsumtif. Namun, cara tersebut juga menjadi langkah cerdas untuk berhemat dalam artian lainnya.

5. Bayar Tagihan Tepat Waktu
Dengan membayar tagihan tepat waktu, secara tidak langsung Anda juga jadi terhindar dari hutang-piutang. Selain itu, jika Anda membayar tagihan tepat waktu, pihak bank juga mencatat track record credit yang baik sehingga apabila Anda membutuhkan dana untuk usaha, bank jadi tidak segan untuk memberikan uang pada Anda.

Ingatlah bahwa kartu kredit bukanlah uang cuma-cuma melainkan hanya sebagai pinjaman. Dengan menggunakan kartu kredit, berarti Anda sudah siap menerima konsekuensinya untuk membayar tagihan bulanannya. Tanamkanlah kesadaran itu dan jangan sampai Anda jadi lalai membayar tagihan tiap bulannya. Sebab semakin lalai membayar, maka semakin tinggi pula bunganya.

6. Sesuaikan dengan Pendapatan
Jangan pernah terima tawaran untuk meningkatkan limit Anda karena setelah diperhitungkan kembali, takutnya nanti tidak sesuai dengan kemampuan Anda dalam berbayar. Hal ini juga tidak sesuai dengan pendapatan yang Anda terima. Setidaknya, dengan limit terbatas Anda jadi bisa menahan diri dari sifat konsumtif. Hal tersebut akan membantu Anda untuk terhindar dari kebiasaan hutang, terlebih lagi hutang itu akan sulit dibayar nantinya dengan penghasilan pas-pasan.

7. Simpan Kartu Kredit Jika Tidak Diperlukan
Poin ini mungkin susah Anda lakukan apalagi Anda yang sangat suka berbelanja menggunakan kartu kredit. Tetapi sebaiknya kartu kredit digunakan jika diperlukan saja. Oleh sebab itu, saat Anda tidak memerlukannya, tinggalkan saja kartu kredit di rumah supaya menghindari gatal mata yang ingin terus membeli sesuatu. Selain itu dengan menyimpan kartu kredit, hal-hal yang berbahaya pun bisa dihindari.

8. Pilih Tanggal Jatuh Tempo yang tepat
Setiap nasabah kartu kredit pasti lebih senang untuk membayar tagihan kartu kredit sesuai dengan jumlah pemakaian setiap bulannya. Hal tersebut berguna untuk menghindari bunga. Selain itu, Anda juga dapat memilih tanggal jatuh tempo yang tepat. Sebaiknya, Anda memilih tanggal setelah menerima gaji karena keuangan masih utuh sehingga mudah di buat anggaran sebelumnya.

Usahakan untuk selalu membayar tepat waktu dalam membayar tagihan Anda sehingga jangan sampai melewati batas jatuh tempo. Pihak bank umumnya akan memberlakukan denda tertentu untuk keterlambatan pembayaran tertentu atau jumlah tagihan yang tidak sesuai.

9. Hindari menarik uang tunai lewat kartu kredit
Ada jenis kartu kredit yang menawarkan layanan penarikan uang tunai lewat ATM. Tentunya hal ini sangat berguna bagi penggunanya sehingga jika sedang transaksi berbayar yang terdesak tetapi tempatnya tidak mendukung pembayaran menggunakan kartu kredit, Anda jadi bisa menarik uang tunai dari ATM. Tetapi jangan terlalu sering menarik uang tunai karena itu bisa menambah hutang Anda perbulannya.

10. Kecanduan Kartu Kredit? Tinggalkan!
Poin ini khusus untuk mereka yang sangat kecanduan kartu kredit karena sudah sulit mengendalikan hasrat berbelanja. Jika sudah begini, tidak ada cara lain yaitu meninggalkan kartu kredit dari dompet Anda untuk sementara waktu atau secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *