Tips Menaikkan Limit Kartu Kredit Agar Cepat Disetujui

Salah satu kemudahan yang dapat Anda rasakan di zaman modern seperti ini yaitu kemudahan dalam urusan transaksi pembayaran dengan kartu kredit. Berbagai perusahaan Bank memang telah menerbitkan kartu kredit sebagai alat pembayaran simpel yang bisa membantu para pemiliknya untuk berbelanja serta melakukan pembelian suatu barang tertentu dengan dana pinjaman di dalam kartu tersebut.

Dana pinjaman inilah yang disebut dengan istilah limit atau batas nominal uang pada kartu kredit. Limit di setiap jenis akan berbeda, biasanya kartu kredit premium atau untuk kelas atas bisa lebih dari Rp 100 juta. Ada pula kartu kredit yang memiliki limit Rp 5 juta, Rp 15 juta, Rp 40 juta, dan sebagainya. Nominal limit kartu ini tergantung oleh penawaran dari pihak bank penerbit yang mengeluarkan kartu kredit. Namun, aturannya tetap sama yaitu Anda tidak bisa menggunakan kartu kredit dengan melebihi nominal limitnya.

Para pemegang kartu kredit tentunya sudah tahu betul tentang bagaimana cara menggunakan kartu kredit, namun apakah Anda tahu bagaimana caranya untuk menaikkan limit kartu? Pastinya Anda tidak ingin penggunaan kartu kredit yang kelebihan limit atau disebut dengan over limit.

Oleh sebab itu, banyak nasabah berbondong-bondong untuk mengajukan kenaikan limit kartu kredit mereka supaya tidak terkena sanksi seperti denda dan hutang bunga. Untuk urusan tertentu, mungkin Anda juga ingin menambah jumlah limit pada kartu kredit Anda, supaya dapat menggunakannya lebih lega lagi dan tidak khawatir dengan nominal uang yang terbatas.

Lantas bagaimana caranya menaikkan limit kartu kredit? Jawabannya cukup mudah, asal track record kartu kredit Anda bagus sehingga kemungkinan pengajuan kenaikan limit kartu dapat disetujui oleh pihak bank semakin besar. Kenapa? Karena bank atau lembaga keuangan penerbitt kartu kredit tidak akan sembarangan dalam menyetujui kenaikan limit. Mereka akan menganlisa dengan begitu jeli, bagaimana catatan keuangan Anda dan juga alur track record Anda dalam penggunaan kartu plastik itu.

Sebelum Anda ingin mengajukan permohonan kenaikan limit kartu kredit, sebaiknya Anda harus pahami terlebih dahulu bahwa seiring besarnya limit kartu maka daya beli Anda pun akan semakin meningkat, sehingga efek resiko hutang dan bunga akan semakin besar pula. Jadi, apakah Anda yakin? Jika sudah benar-benar yakin, maka bacalah beberapa tips menaikkan limit kartu kredit agar cepat disetujui oleh pihak Bank di bawah ini:

1. Bayar Penuh dan Tepat Waktu
Jika ingin bank menyetujui permohonan kenaikan limit kartu kredit, maka usahakan jangan sampai bayar minimum. Segera bayar penuh tagihan kartu setiap bulannya supaya tidak terkena bunga. Faktor telat membayar tagihan juga bisa merusak skor kartu kredit. Skor kredit ini adalah angka yang diberikan untuk para nasabah untuk menentukan kemampuan membayar mereka. Semakin tinggi skor kartu kredit maka semakin kredibel Anda. Begitu pula sebaliknya.

Ketepatan waktu dalam membayar tagihan akan menjadi perhatian khusus dari bank. Hal ini menjadi salah satu faktor persetujuan kenaikan limit kartu kredit. Biasakan untuk membayar tagihan tepat waktu dan apabila kenyataannya Anda sering telat membayar, upayakan mulai sekarang untuk belajar disiplin.

2. Pakai Kartu Kredit lebih 1 tahun
Supaya Bank penerbit kartu kredit bersedia menyetujui permohonan kenaikan limit kartu kredit Anda, maka terlebih dahulu tunjukkan bahwa Anda adalah nasabah yang loyal. Dengan menggunakan kartu kredit lebih dari 1 tahun, pihak bank dapat membaca pola dan track record penggunaan kartu, perputaran uang, serta pola pembayaran Anda setiap bulannya. Apabila merela telah menganggap Anda sebagai nasabah yang baik, maka jangan khawatir sebab Pihak Bank pasti akan memberikan berbagai layanan benefit yang menguntungkan bagi Anda. Ya termasuk kenaikan limit kartu kredit salah satunya.

3. Gunakan Limit Kartu Semaksimal Mungkin
Tak dipungkiri jika penggunaan limit kartu kredit Anda akan berpengaruh pada sikap bank dalam menyetujui pengajuan kenaikan limit tersebut. Artinya, usahakan untuk menggunakan limit kartu kredit Anda semaksimal mungkin. Namun ingat jangan sampai limitnya habis yang berarti gunakanlah hingga batas wajar pemakaian.

Sebagai contohnya, Anda memiliki kartu kredit dengan limit Rp 10 juta, maka sebaiknya Anda gunakan kartu kredit dalam transaksi pembayaran hingga kisaran Rp 7-8 juta. Dengan begitu, pihak bank akan menilai Anda ialah nasabah yang aktif dan hampir melewati limit.

Asumsi penilaian bank ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan persetujuan akan kenaikan limit kartu kredit, dibandingkan jika penggunaannya dalam batas nominal kecil, misalnya di bawah Rp 3 juta saja. Tetapi, yang harus diperhatikan adalah saat menggunakan limit kartu secara maksimal maka harus di imbangi dengan pembayaran cicilah tagihan yang tepat waktu.

Dengan kata lain, jangan sampai Anda berhutang jika tidak mampu untuk melunasi setiap tagihan. Apabila Anda mampu melakukan cara ini, maka BI Cecking milik Anda akan bagus sehingga pihak bank mudah percaya uuntuk memberi tambahan nominal limit kartu kredit.

4. Jangan Menaikkan Limit Terlalu cepat atau 2x Lipat
Biasanya, bank akan menganalisa data kartu kredit secara otomatis setalah 6 bulan diterbitkan. Apabila mau apply Anda disetujui, maka sebaiknya tunggulah sampai setahun atau lebih pemakaian kartu sebelum ingin mengajukan kenaikan limit.

Kemudian, satu hal yang perlu di ingat adalah jangan pernah mengajukan kenaikan limit kartu 2 x lipat dari limit sebelumnya. Kenapa? Karena pihak bank penerbit pasti akan menolak pengajuan kenaikan limit yang terlalu besar. Bila pengajuan limit ditolak, maka Anda pun harus menunggu sampai 3 bulan untuk mengajukan lagi. Usahakan agar pengajuan naik limit kartu disetujui, cobalah ajukan limit antara 10% sampai 25% maksimal.

5. Katakan untuk Tutup Kartu Kredit
Cara terakhir bisa dibilang cara yang paling ekstrim dan ampuh jika permohonan kenaikan limit kartu Anda selalu ditolak oleh pihak bank adalah dengan cara ‘mengancam’ untuk menutup kartu kredit Anda. Biasanya bank penerbit akan berpikir ulang karena mereka juga merasa di untungkan dalam setiap transaksi pembayaran dengan kartu kredit Anda. Jadi, apabila semakin sedikit kartu kredit yang beredar, maka semakin kecil pula keuntungan mereka. Apalagi persaingan industri kartu kredit di zaman seperti sekarang semakin ketat.

Cara Mengajukan Kenaikan Limit Kartu Kredit

Dalam hal pengajuan kenaikan limit kartu, yang diperlukan adalah update data diri Anda. Beberapa dokumen pun akan diperlukan oleh pihak bank seperti slip gaji terbaru, NPWP, KTP dan SPT 1770 untuk pengusaha. Apabila semua dokumen sudah siap, langkah selanjutnya yaitu dengan menghubungi call center bank penerbit serta kirimkan dokumen tersebut melalui form, fax atau email. Berikut ini list bank yang menyediakan formulir online untuk memperbaharui data:
· Bank BNI: pengkiniandata@bni.co.id
· Bank Danamon: pengkinian.data@danamon.co.id
· Bank BCA: dokumen_cc@bca.co.id
· Bank BRI: kartu_kredit@bri.co.id
· Bank Mandiri: Pengkiniandata
· Bank CIMB Niaga: DataRenewal
· Bank ANZ: Credit Cards
· Bank Citibank: Welcomepack
· Bank AEON: Kontak Kami

Jika Anda mempunyai waktu luang, Anda juga bisa langsung pergi ke kantor cabang terdekat untuk bertanya lebih jelas dengan customer service mereka. Setelah Anda mengirimkan data pribadi terbaru, maka pihak bank segera menghubungi Anda. Semoga saja permohonan kenaikan limit kartu yang Anda ajukan dapat disetujui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *