Tips Pintar Mengatur Tagihan Kartu Kredit

Apakah Anda pernah mendengar sebuah kasus hutang tagihan kartu kredit yang tidak dibayar pemiliknya lalu berakhir di pengadilan? Pasti pernah bukan. Maka dari itu, apakah Anda mau mengalami hal yang sama dengan kasus tersebut? Jika tidak, mulailah dari sekarang untuk pintar mengatur tagihan kartu kredit Anda agar hutang demi hutang kian menumpuk sehingga Anda selalu dikejar-kejar oleh pihak bank.

Sebagai pengguna kartu kredit, maka Anda pasti mengetahui bahwa melunasi tagihannya merupakan hal wajib. Seringkali pengguna kartu plastik ini terlilit hutang dalam jumlah yang besar. Namun, tahukah Anda apa kira-kira yang menyebabkan banyak orang terjerat dalam hutang tersebut? Jawabannya jelas, yakni karena mereka tidak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak dan tak bisa menyiasati tagihannya hingga kesulitan membayar.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, kartu kredit memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Namun, kerugian tersebut terkadang hadir dari pengguna kartu itu sendiri. Maka dari itu, jika Anda tidak mau merugi, sangat dibutuhkan sikap kedisiplinan dan komitmen yang matang. Hal ini agar Anda semakin terampil untuk mengatur pemakaian serta tagihan kartu kredit Anda supaya terhindar dari lilitan hutang yang mencengkik.

Berikut ini beberapa tips pintar mengatur tagihan kartu kredit yang dapat Anda terapkan dikehidupan sehari-hari:

1. Catat Setiap Pengeluaran
Hal pertama yang wajib Anda lakukan yaitu buatlah catatan khusus yang berisikan daftar-daftar penggunaan kartu kredit. Jangan terlalu detail karena nantinya Anda juga akan menerima tagihan. Tetapi dengan catatan ini, Anda bisa selalu mengingat dan mengecek apa saja isi dari tagihan Anda tersebut. Mungkin cara satu ini terdengar sepele, namun percayalah banyak pengguna kartu kredit yang berhasil mengatur tagihannya.

2. Buat Perencanaan Keuangan
Jika Anda tidak mempunyai perencanaan keuangan otomatis dalam menggunakan kartu kredit, maka pengeluaran setiap bulannya pun jadi tidak terkontrol. Salah satu penyebab pemakaian kartu kredit yang over itu ialah tidak adanya perencanaan keuangan. Dalam perencanaan inilah yang nantinya akan menentukan berapa jumlah yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Jadi, sebelum Anda menggunakan kartu kredit, sebaiknya tentukanlah besaran tagihannya untuk bulan tersebut. Contohnya saja, Anda menetapkan tagihan per bulan sebesar Rp 500 ribu, begitu pula untuk bulan berikutnya. Secara otomatis, Anda tidak dapat menggunakan kartu kredit per bulannya melebihi batas kemampuan bayar tersebut.

3. Tetapkan Limit
Saat Anda ingin mengajukan aplikasi kartu kredit, alangkah baiknya Anda memilih jenis kartu kredit dengan limit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Umumnya, bank akan memberikan limit kartu kredit sesuai dengan keuangan para nasabahnya.

Perlu diingat, janganlah Anda mengambil kartu kredit dengan limit terlalu tinggi dan penghasilan bulanan Anda, karena ini adalah sikap yang salah dan sangat tidak bijak. Misalnya, Anda diberi limit sebesar Rp 5 juta dan penghasilan bulanan Anda sebesar Rp 7 juta. Kalau sudah begini, jangan sampai Anda menetapkan limit Ro 5 juta, maka Anda habiskan semua.

4. Bayar Cicilan di Atas Biaya Minimum
Saat Anda membayar tagihan, sebagian pembayaran Anda ialah untuk membayar bunga. Umumnya, kartu kredit mensyaratkan pembayaran dengan nilai tagihan minimum 10% dari total tagihan. Maka dari itu, sebaiknya Anda membayar tagihan di atas biaya minimum yang ditetapkan.

Hal ini berguna untuk menghindari tagihan yang semakin tinggi. Perhatikan juga tanggal jatuh tempo, lalu lunasilah jumlah sisa tagihan sebelum tanggal tersebut supaya Anda tidak dikenai denda atas keterlambatan pembayaran. Kemudian, perhatikan juga batas maksimum kredit yang tercantum dalam kartu, dan ingatlah jangan sampai Anda melebihi batas ini.

5. Bayar dengan Autodebet
Autodebet merupakan fasilitas dari bank untuk pembayaran otomatis yang bisa Anda gunakan untuk mengatur tagihan kartu kredit. Berkat fasilitas autodebet, tagihan Anda akan langsung terpotong agar Anda tidak akan lupa membayar kartu kredit.

Cara ini juga memiliki banyak keuntungan apabila Anda selalu membayar lunas tagihan kartu kredit, contohnya yaitu kredibilitas Anda dimata bank akan naik. Jika sejarah pembayaran kartu kredit selalu baik, maka Anda dapat dijadikan referensi bank sehingga dapat memberikan kredit lainnya kepada Anda seperti kredit kendaraan, KPR, kredit usaha, dan sebagainya.

6. Ingat, 2 Kartu Saja Cukup!
Selalu ingatlah, jangan terlalu banyak mempunyai kartu kredit. Umumnya, kartu kredit untuk satu orang hanyalah satu kartu saja. Sesuai aturan dari pemerintah, satu orang hanya boleh mempunyai maksimal 2 buah kartu kredit.

Pastikan Anda mempunyai kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, contohnya:
Apabila Anda sering melakukan perjalanan dinas, maka gunakanlah kartu kredit dengan fasilitas program frequent flyer.
Apabila Anda sudah mempunyai keluarga, sebaiknya miliki kartu kredit yang memberikan diskon untuk belanja kebutuhan bulanan.

7. Jangan Tunda Pembayaran
Seringkali ada saja kebiasaan yang keliru saat Anda melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Dana yang diambil setelah semua kebutuhan atau keinginan terpenuhi. Pastinya cara ini tidaklah bijak, sebaiknya Anda jangan menunda pembayaran kartu kredit dan utamakan dalam catatan pengeluaran Anda.

Contohnya, Anda gajian pada tanggal 1, maka bayarlah tagihan kartu kredit segera setelah gajian walaupun jatuh tempo pembayaran masih jauh atau Anda belum rincian tagihan. Hal ini dimaksudkan supaya Anda tidak menumpuk hutang, jadi tidak ada alas an lagi untuk menunda pembayaran.

Satu lagi, sebelum membayar tagihan kartu kredit, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apa saja yang tertulis dalam tagihan tersebut apakah sudah sesuai dengan tagihan kita yang sebenarnya. Seringkali, tagihan yang datang dengan yang sebenarnya tidaklah sama sehingga Anda harus menanyakannya langsung ke pihak.

8. Hindari Cicilan yang Tidak Penting
Cara ini sangat berguna bagi Anda yang hobi membelanjakan barang dengan foya-foya lantaran ‘lapar’ mata. Kalau bisa, jangan sampai mencicil barang-barang yang hanya keinginan Anda saja. Pastikan bahwa Anda hanya mencicil barang-barang yang Anda butuhkan. Contohnya, saat ini Anda telah memiliki smartphone, namun ingin membeli smartphone baru dengan model yang paling mutakhir. Daripada mencicil, lebih baik Anda menabung!

9. Naik Gaji? Jangan Naik Pula Pengeluaran!
Seperti sub-judul di atas ialah satu hal penting yang harus Anda ingat, jangan sampai gaji naik, maka pengeluaran pun akan ikut naik pula. Terlebih lagi, jika gaji Anda naiknya 1 juta, pengeluarannya juga naik 2 juta. Pelajarilah kembali cara mengelola keuangan keluarga Anda dengan baik dan benar. Jadilah pengguna kartu kredit yang bijak ya Sobat.

10. Daftarkan Notifikasi
Yang terakhir, untuk menghindari berbagai kasus penipuan atau penyalahgunaan kartu kredit yang sedang marak saat ini yaitu sebaiknya Anda mendaftarkan notifikasi kartu kredit. Jadi, setiap ada transaksi yang Anda lakukan akan langsung mendapatkan informasinya melalui sms atau email. Dengan demikian, Anda juga bisa mengetahui berapa kira-kira tagihan yang akan dibayar pada bulan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *